Rabu, 25 Juli 2012

Doa Sebelum Tidur

Bagi umat Islam, di anjurkan bagi kita sebelum tidur untuk terlebih dahulu membaca doa dulu. Supaya tidurnya nyenyak dan tetap terjaga dalam lindungan Allah SWT.


Namun, ada juga sebagian orang yang mungkin lupa atau malah tidak hafal dengan doa sebelum tidur. Nah maka dari itu berikut ini saya kasih doa sebelum tidur (terutama bagi yang tidak hafal) :D



بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ



bismikallahumma ahya wa amutu

Adapun dalil tentang doa ini berdasarkan hadits nabi yang saya ambil dari Riadust Shalihin :


عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِىذَرٍّ رَضِىَاللّهُعَنْهُمَا قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَاأَوَى إِلىَ فِرَاشِهِ قَالَ : بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ ، وَإِذَااسْتَيْقَظَ قَالَ : اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ . رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ



Artinya :
Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah saw. jika akan tidur membaca : bismikallahumma ahya wa amutu (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati), dan apabila bangun tidur membaca ; alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit). HR. Bukhari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar