Selasa, 17 Juli 2012

Tips Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia, yakni kondisi dimana kita susah untuk tidur malam. Insomnia bisa di sebabkan oleh berbagai hal, diantaranya terlalu banyak masalah yang sedang dihadapi, masalah pekerjaan, masalah cinta, dll.
Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi Insomnia. Mudah-mudahan berguna bagi Anda dalam mengatasi masalah susah tidur.




- Cobalah  kepalkan jari tangan anda kemudian lepaskan secara perlahan. Lalu kibas-kibaskan atau ayun ayunkan tangan Anda untuk sesaat trus ulangi cara tersebut beberapa kali.

- Cobalah untuk merilekskan pikiran Anda bisa dengan mengingat saat indah waktu kecil.

- Usap dan gosok serta tarik jari jemari Anda satu per satu dengan menggunakan dua jari dari tangan anda yang lain sampai   terasa cukup hangat. Kemudian ganti pada jari lainnya. (fungsinya : untuk menstabilkan emosi dan sedikit efek hipnotis agar Anda tertidur.

- Rendam kaki sebelum tidur dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit untuk memperlancar aliran darah agar Anda lebih mudah tertidur.

- Bebaskan segala beban pikiran yang mengganggu dan berdoalah sebelum tidur dengan coba dengan tulus menghitung angka.

- Coba baringkan tubuh pada lantai yang keras dan sandarakan kepala diatas ( buku, balok, bantal ) yang tidak terlalu empuk  sebagai bantal. 

- Tenangkan diri dan hati anda lalu tutup mata kemudian ambil napas dalam-dalam secara perlahan selama 5 menit atau lebih. Kemudian berbaring melentang di tempat tidur dan lanjutkan dengan mata tertutup, ambil napas dalam-dalam, dan relaksasi. Ketika Anda berada dalam kondisi tenang, ubah posisi tidur nyaman yang biasa Anda lakukan. Anda akan tertidur dengan segera.

- Coba minum segelas susu, air manis atau air hangat ditambah 1 sendok madu sebelum tidur.

Hal ini berfungsi untuk menaikkan sejumlah besar serotonin (bahan kimia yang ditemukan di dalam darah yang menyebabkan pembuluh darah mengerut dan memendek) yang dapat menghasilkan rasa kantuk.

- Cobalah untuk keluar rumah lalu cobalah untuk memandangi bintang dilangit, palin baik jika anda  sambil merebakan badan.


Kalau cara-cara di atas masih belum bisa membuat anda tidur, sebaiknya esok harinya segeralah periksa ke Dokter. Ditakutkan Insomnia anda terlalu akut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar